Sunday, January 4, 2009

New Year Resolution; "Change"

Seorang filsuf Yunani, Heraclitus pada abad ke 18 pernah mengatakan "Nothing endures, but change”, yang terjemahan sederhananya dapat berarti, "Tidak ada sesuatupun yang tetap atau bertahan, kecuali Perubahan."
Lantas apa maksud pernyataan tersebut dengan judul artikel kita kali ini..? Jawabannya sederhana, apa yang dikatakan oleh Heraclitus tersebut, pada banyak orang baik sadar atau tidak, senantiasa dijadikan semangat dalam menyusun sebuah New Year Resolution (NYR).

Nah, memasuki tahun baru 2009, sebagaimana penyambutan atawa perayaan tahun baru sebelumnya, kita seringkali mendengar tentang NYR. Apa sih NYR itu? Mungkin penjelasan singkatnya seperti ini, NYR adalah sebuah niat atau rencana yang kita inginkan untuk bisa diwujudkan pada tahun mendatang. Lantas mengapa resolusi itu bertepatan dengan Tahun baru? singkat, karena momentum Tahun Baru dapat dianggap sebagai patokan untuk melakukan sebuah perubahan yang lebih baik pada tahun yang baru datang.

Satu hal yang seringkali terjadi adalah, kita telah begitu semangatnya dalam menetapkan apa yang menjadi NYR kita, namun seiring waktu berjalan, kita mulai lupa dan akhirnya mengabaikannya, lantas larut dalam kebiasaan-kebiasaan yang sebelumnya kita lakukan. Hingga kemudian kita sadari di akhir tahun bahwa tak satupun dari resolusi tersebut sempat kita lakukan. :D

Apakah hal ini juga anda alami?, Apa sebenarnya yang terjadi? Apakah kita terlalu sibuk, hingga melupakan NYR kita? Satu hal yang mungkin mendasari bahwa banyak diantara kita yang percaya bahwa melakukan sebuah perubahan tidak semudah yang kita bayangkan.

Ibarat seperti pegas, ketika kita ingin menarik diri keluar dari kebiasaan-kebiasaan lama yang ingin kita ubah, maka kebiasaan tersebut cenderung melakukan perlawanan, selain itu, baik sadar atau tidak, kita mulai dihinggapi beberapa kecemasan seperti
ada kemungkinan kita kehilangan kontrol, adanya ketidakpastian dari perubahan tersebut, ketakutan mendapat hasil yang berbeda, Beban kerja yang mungkin bertambah dan sederet alasan lainnya.

Meski demikian, kita telah melihat bahwa banyak keberhasilan dimulai dari kesanggupan kita untuk melepaskan diri dari kebiasaan lama, sebagaimana yang Elbert Einstein katakan, "Masalah signifikan yang kita hadapi saat ini, tidak dapat kita pecahkan dengan cara yang sama ketika masalah tersebut kita ciptakan". Artinya adalah, ketika anda tidak berubah, niscaya, masalah yang anda hadapi tidak akan dapat anda pecahkan dengan lebih baik.

Pertanyaan pentingnya adalah, Bagaimana kita dapat melakukan perubahan dan melepaskan ketergantungan dari kebiasaan-kebiasaan yang lama..?

Berikut tips sederhananya.
Prinsip Pertama: YAKINI dan PERCAYAI diri Anda bahwa Anda dapat berubah. Banyak orang ingin berubah, namun secara tidak sadar sebenarnya ia tidak ingin berubah. atau dengan kata lain ia tidak percaya bahwa ia dapat berubah. Untuk membantu anda dalam hal ini, Anda harus memeriksa dan kalau bisa memperbaiki Cara Anda Berfikir tentang Perubahan yang anda inginkan.

Prinsip Kedua: KONSISTENSI. Tak pelak dibutuhkan konsistensi untuk berubah, selama anda tidak konsisten, jangan harap anda dapat berubah. sekecil apapun perubahan yang anda lakukan, anda harus tetap berpegang pada prinsip ini.

Prinsip Ketiga: UKUR Perubahan yang anda lakukan untuk memberikan anda petunjuk dalam perubahan tersebut. Segala sesuatu yang Anda lakukan mestinya ada pengukurannya. hal ini membantu Anda untuk tetap pada track dan mengetahui progressnya. bagaimana cara mengukurnya? Penelitian membuktikan, agar seseorang dapat berubah 100%, perubahan tersebut harus dilakukan selama 30 hari berturut-turut. Mengapa 30 hari? Sebab waktu 30 hari adalah waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti keseluruhan sel yang ada pada diri Anda. Artinya jika anda konsisten melakukan perubahan yang anda inginkan selama 30 hari berturut-turut, dipastikan perubahan itu akan menjadi kebiasaan yang baru dan mengganti kebiasaan yang lama.

Cukup mudah bukan..? nah sekarang tergantung dari diri anda. Tanyakan pada diri anda, apakah anda telah siap untuk berubah..?

0 comments:

Trik-Tips Blog Trick Blog