Friday, August 22, 2008

Learning from Soccer

Artikel ini pertama kali diposting pada tanggal 13 Agustus 2008.

Jika anda pecinta sepakbola, mungkin anda akan sependapat dengan apa yang akan saya uraikan dalam artikel ini.

Pernah ada cerita yang mengisahkan tentang kehidupan lain di tata surya, sebuah planet dimana teknologinya begitu maju hingga mereka mampu memantau apa yang terjadi di planet bumi kita. Setelah mereka melakukan pengamatan selama beberapa tahun, mereka kemudian menyadari bahwa di planet yang mereka amati itu, cenderung terjadi keramaian yang luar biasa ketika diselenggarakan acara yang kita kenal dengan pertandingan bola.

Mereka bingung, apa yang menjadikan acara tersebut begitu digemari. Padahal yang dilakukan oleh pemain hanyalah menendang bola...kemudian mengejarnya...begitu mereka mendapatkannya, mereka menendangnya lagi... dan mengejarnya lagi...
"Bukankah akan lebih mudah setelah mendapatkan bola tersebut, kita kemudian memegangnya tanpa perlu menendangnya lagi?"... Mungkin itulah yang menjadi kegelisahan mereka...
Apakah anda juga memiliki pertanyaan serupa..? Lantas apa pembelajaran dari permainan ini...? Mengapa permainan bola itu begitu digemari...?
Jawaban paling sederhana yang mungkin adalah “Permainan bola pada esensinya adalah permainan yang bisa merefleksikan secara lengkap sekaligus meringkas gambaran hidup kita!”

Kenapa bisa demikian...? Mari kita ulas lebih jauh.

Pertama, permainan ini dibatasi oleh waktu bukan?! demikian pula hidup kita. Kemudian ada aturan mana yang boleh dan tidak boleh, ada hukuman bagi pelanggaran, termasuk hukuman fatal, berupa penalty. Apakah hal serupa kita jumpai dalam kehidupan?? You knew it better.

Untuk berhasil dan menjadi pemain kaliber dibutuhkan disiplin tinggi, dibutuhkan latihan terus menerus untuk bisa sukses. Dibutuhkan motivasi tinggi untuk dapat senantiasa berada pada peak performance. Selain dari pemain, juga dibutuhkan tim yang kuat dan atmosfir tim yang sehat, strategi yang mempuni dari pelatih, hingga hal-hal yang kelihatannya remeh-temeh tapi menjadi faktor penting sebuah tim. Menurut anda, apakah untuk sukses dalam hidup juga dibutuhkan hal seperti yang saya utarakan diatas..? Ya.. iyalah…masak ya iya dong.! :D

Tapi yang terpenting dari semua itu, seorang pemain tidak perlu ahli dalam semua hal mengenai permainan ini, ia cukup berfokus pada target tim dan melakukan apa yang telah ditugaskan.
Seorang pelatih ternama pernah berkata, “Saya tidak membutuhkan pemain-pemain bintang untuk menjadi juara, saya hanya butuh pemain yang tahu dan mau mengerjakan dengan baik apa yang telah menjadi tugas dan tanggung jawabnya…”

Pemain bertahan tidak perlu ahli dalam mencetak gol, begitu pula seorang penyerang tidak perlu ahli dalam bertahan, Gelandang (pemain tengah) cukup berfokus pada perannya sebagai gelandang, ia tidak dituntut untuk mencetak gol, hanya bagaimana mengalirkan bola dari barisan pertahanan ke penyerang untuk membuat peluang dan kalau bisa assist untuk mencetak gol. Apa yang dilakukan oleh pemain-pemain tersebut adalah “harmoni kehidupan”. Kesemua itu dibingkai oleh tujuan yang sama, yaitu meraih kemenangan..!

0 comments:

Trik-Tips Blog Trick Blog